Rangkuman Berita Penyerangan Lapas Cebongan

Rangkuman Berita Terbaru Tentang Penyerangan Lapas Cebongan, Tragedi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cebongan, Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu (23/3/2013)
Korban Tewas :
empat korban yang tewas yakni Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, Adrianus Candra Galaga, Yohanes Juan Manbait, dan Gameliel Yermiayanto Rohi Riwu. Mereka merupakan tersangka pelaku penganiayaan yang mengakibatkan tewasnya anggota Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sersan Satu Santoso.

Motif :
Diduga serangan balas dendam, namun masih dalam penyelidikan.


Kronologi :
Empat tahanan itu tewas di ruang tahanan dengan luka tembak setelah sekelompok orang berpenutup muka dan bersenjata memaksa memasuki lapas, kemudian mencari penjaga dan memaksa untuk masuk ke dalam sel. Setelah masuk, mereka kemudian memaksa penjaga menunjukkan ruang tahanan untuk mencari ruang empat tahanan pelaku penganiayaan di Hugos Cafe itu.

Setelah menemukan sasaran, gerombolan tersebut lantas menembakkan senjata api hingga menyebabkan keempat tahanan itu tewas.

Dari keterangan saksi yang juga petugas Lapas, pasukan juga paham peta lokasi yang menjadi target sehingga tidak butuh lama untuk mengeksekusi empat target mereka. Para saksi juga menduga pasukan ini memiliki pembagian tugas rapi. Bahkan, di antaranya ada yang bertugas menjadi penentu waktu eksekusi.

Masih menurut saksi, total waktu penyerbuan Lapas Cebongan adalah 15 menit. Dengan jumlah pasukan lebih dari 17 orang. Estimasi angka 17 berdasarkan identifikasi petugas Lapas.

Komnasham :
"Kami meminta Polda DIY bisa segera mengembalikan kemanan, termasuk melindungi warga Nusa Tenggara Tumur (NTT) yang berada di Yogya," ujar Nurlela. Dia pun mengaku menyampaikan temuan Komnas HAM bahwa 31 narapidana dan tahanan di Lapas Cebongan merasa ketakutan setelah memberi kesaksian.

Polisi :
pihaknya belum menemukan titik terang atas kasus tersebut. Polisi mengaku butuh waktu untuk menguak kasus ini. Terakhir polisi mengaku telah mengantongi ciri-ciri pelakunya.
Judul: Rangkuman Berita Penyerangan Lapas Cebongan; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

2 komentar:

  1. masih gak jelas sampe sekarang, siapa pelakunya

    BalasHapus
  2. sipapun pelakunya saya lebih se7 para preman dan para penjahat itu di bunuh saja , itu lebih baik, daripada di tahan kemudian kalau sudah lepas pasti akan mengulangi lagi

    BalasHapus

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.