Berita Terbaru : Jorge Mario Bergoglio, Paus Baru?

Konklaf 115 kardinal di Vatikan menghasilkan nama Jorge Mario Bergoglio sebagai Paus terbaru untuk memimpin 1,2 miliar umat Katolik di dunia.
Bergoglio mengambil nama Paus Francis, seperti diumumkan Kardinal Jean-Louis Tauran. Paus Francis merupakan Paus pertama yang terpilih dari benua Amerika, dan pertama dari luar Eropa sejak lebih dari 1.000 tahun lalu.

Bergoglio yang tampak masih tertegun, tampil untuk pertama kalinya sebagai Paus Francis sekitar sejam setelah asap putih terlihat dari Kapel Sistina. Paus Francis menyapa kerumunan massa yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus di tengah hujan dan udara dingin. Kepada umatnya, ia menyampaikan permohonan doa untuk dirinya sendiri, dan untuk pendahulunya, Paus Benediktus XVI,

Menurut laporan, Bergoglio merupakan favorit kedua dalam konklaf 2005 yang memilih Paus Benediktus XVI, yang bulan lalu menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun. Uskup Agung berusia 76 tahun ini menghabiskan hampir seluruh karier kegerejaannya di Argentina seperti dilansir situs voaindonesia.

Ia terpilih pada pemungutan suara kelima, dalam salah satu konklaf tercepat dalam beberapa tahun terakhir. Ini luar biasa mengingat tidak ada kandidat yang teramat menonjol untuk menggantikan Paus Benediktus XVI.

Paus terpilih harus menerima 77 suara, atau dua pertiga dari 115, jumlah kardinal yang terhimpun dalam konklaf.

Paus Benediktus terpilih pada pemungutan suara keempat pada konklaf tahun 2005 sebagai calon favorit, sementara Paus Yohanes Paulus II terpilih pada pemungutan suara kedelapan pada tahun 1978 untuk menjadi Paus non-Italia pertama dalam 455 tahun.
Judul: Berita Terbaru : Jorge Mario Bergoglio, Paus Baru?; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.