Gambar Gerhana Bulan Merah Hitam

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Klas IA Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, 28 November 2012, memantau gerhana bulan penumbra yang tampak di langit Kupang.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Margiono, mengatakan tahun 2012 terjadi empat kali gerhana yakni dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan. Gerhana matahari cincin terjadi pada 21 Mei 2012, gerhana matahari total pada 14 November 2012.

Sedangkan, gerhana bulan sebagian terjadi pada 4 Juni 2012 dan gerhana bulan penumbra, 28 November 2012. "Yang terjadi malam ini adalah gerhana bulan penumbra," katanya.

Gerhana bulan penumbra ini mulai tampak pada pukul 20.16 Wita. Puncak gerhana terjadi pada pukul 22.33 Wita dan berakhir pukul 24.53 Wita. "Durasi gerhana bulan penumbra ini berlangsung selama 4,40 jam," katanya.

Gerhana bulan penumbra ini juga bisa disaksikan di Amerika bagian utara, Samudra Pasifik, Australia, Eropa dan sebagian besar Afrika bagian timur laut. "Di Indonesia dapat mengamati gerhana secara keseluruhan," katanya.

Gerhana penumbra ini, katanya, merupakan seri saros anggota ke-11 dari seri Saros 145 yang jumlah anggotanya sebanyak 71. Gerhana sebelumnya berorasi dengan gerhana ini dalam gerhana bulan penumbra 18 November 1994, sedangkan gerhana yang berorasi sesudahnya yakni gerhana bulan penumbra yang baru akan terjadi 9 Desember 2030.

Usai memantau gerhana bulan penumbra yang hampir mencapai puncak, BMKG El Tari Kupang juga memfoto gerhana tersebut.
Judul: Gambar Gerhana Bulan Merah Hitam; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.