Buah Tomat Menurunkan Risiko Penyakit Stroke

Likopen yang terkandung dalam tomat mampu menurunkan risiko stroke.
Mengonsumsi tomat dan makanan berbasis tomat dapat menurunkan risiko terkena stroke.

Demikian hasil studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari Finlandia. 



Studi ini menemukan, bahwa orang dengan jumlah tertinggi likopen (lycopene) dalam darah mereka, 55 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami stroke daripada orang dengan jumlah terendah dari likopen dalam darah mereka. 



Penelitian ini melibatkan 1.031 lelaki Finlandia berusia antara 46 dan 65 tahun, yang diuji untuk tingkat likopen dalam darah mereka pada awal studi, dan diikuti selama rata-rata 12 tahun. 



Laporan jurnal Neurology menyebutkan, selama waktu itu, 67 orang mengalami stroke. Mereka tiba-tiba kehilangan fungsi otak yang disebabkan oleh penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah organ. 


"Di antara laki-laki dengan tingkat terendah dari likopen, 25 dari 258 mengalami stroke. Sementara, di antara mereka dengan tingkat tertinggi dari lycopene, 11 dari 259 orang mengalami stroke," demikian pernyataan dari University of Eastern Finland (UEF).


Dalam penelitian tersebut mereka melihat, peserta yang memiliki tingkat likopen tertinggi (59 persen), lebih kecil kemungkinannya mengalami stroke dibandingkan mereka dengan tingkat terendah.



"Studi ini menambahkan bukti bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena stroke," kata penulis studi Jouni Karppi, dari UEF, Kuopio.



"Hasil penelitian ini mendukung rekomendasi bahwa orang mendapatkan lebih dari lima porsi buah dan sayuran sehari, yang kemungkinan akan mengakibatkan pengurangan besar dalam jumlah stroke di seluruh dunia, menurut penelitian sebelumnya," tambah Karppi. 



Penelitian ini juga melihat pada tingkat darah antioksidan alpha-carotene, beta-karoten, alfa-tokoferol dan retinol, tapi tidak menemukan hubungan antara kadar darah dan risiko stroke.
Judul: Buah Tomat Menurunkan Risiko Penyakit Stroke; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.