Android, iPhone, Nokia, Vs Balckberry, Pilih Mana?

Pengguna Blackberry merajai pasaran gadget baik itu di Indonesia maupun di seluruh dunia sejak sekitaran 5 tahun ini. Saingan gadget ini di pasaran adalah iPhone dan Android. Android yang direlease sekitaran 2010 adalah milik Google, yang diklaim sesuai dipergunakan untuk gadget entah itu tablet atau smart phone. Sejak itu beragam merk dan type gadget telah memasang OS ini. Pada artikel kali ini saya mengumpulkan informasi tentang android vs blackberry. 
Berikut ini 10 kelebihan yang membedakan Android dengan BB :

1. Email
Blackberry : Email yang disediakan adalah milik Blackberry, walaupun email lain seperti Gmail bisa digunakan tetapi khusus untuk Gmail tidak ada yang bisa melawan integrasi dan fitur yang ada di Android.
Android : Gmail yang banyak digunakan oleh para pengguna email gratisan (saya yakin sekitaran 75% pengguna internet punya account di gmail), sudah terintegrasi dengan fitur yang lengkap.
2. Kinerja
Blackberry : Cepat dan stabil, tetapi kelemahannya di kala smart phone anda hang anda butuh waktu yang cukup lama, mulai dari mencabut battery dan menunggu proses re-boot yang bisa-bisa lebih dari 3 menit.
Android : Sangat cepat; walaupun phone hang di mana anda membutuhkan reboot dan mencabut battery, proses ini hanya memakan waktu beberapa detik saja.
3. Antarmuka Bagi Pengguna
Blackberry : Tampilannya tidak begitu menarik, sama seperti hp biasa.
Android : Jika anda sudah menggunakan Android, anda pasti setuju kalau saya katakan antarmukanya sangat menarik dan anda tidak akan bosan meng-eksplorasi-nya satu per satu.
4. Browsing
Blackberry : Susah dan tidak begitu berbeda dengan hp biasa.
Android : Fitur yang disediakan akan sangat membantu dalam browsing. Anda tidak akan lelah dan bosan browsing dengan OS ini. Perbesar dan perkecil layar cuma tinggal seret doank.
5. Ketersediaan Aplikasi
Blackberry : Singkat saja saya katakan, aplikasi yang tersedia sangat amat terbatas.
Android : Wahh… begitu banyak aplikasi yang bisa diinstall baik itu versi berbayar maupun gratisan, entah itu game, aplikasi office, antivirus, dan segudang lainnya.
6. Teknologi
Blackberry : Teknologi yang disediakan tidak begitu banyak berkembang sejak smartphone ini dikembangkan. Lihat aja BB keluaran terbaru apa kelebihannya dengan yang sebelumnya. Tidak banyak, kalau tidak mau dikatakan hampir tidak ada.
Android : Teknologi berkembang pesat, terkait dengan ketersediaan chip yang lebih cepat maka fungsi dan fitur pun bertambah.
7. Messenger Service
Blackberry : Fitur messenger andalan BB adalah BBM. Semua orang pengguna Blackberry pasti getol pakai ini. Tetapi apakah BBM bisa dimanfaatkan oleh non-pengguna blackberry? Jawab aja sendiri ya… Terus apakah pemakaian messenger lain di gadget ini segampang BBM?
Android : Begitu banyak messenger yang bisa dipakai, termasuk milik Google yaitu Google Talk. Jadi anda tetap bisa berkomunikasi murah dengan pengguna messenger tersebut entah mereka pakai smartphone, hp atau computer. Gak terbatas kan?
8. Open Source
Blackberry : Anda sampai kapan pun tidak akan bisa melihat kode program OS mereka.
Android : Open Source merupakan kelebihan OS ini. Pengguna bisa melihat kode program di google. Karenanya pengguna yang cukup mahir bisa membuat aplikasi android mereka sendiri atau melakukan perbaikan atas versi yang ada.
9. Desain
Blackberry : Lihat desain smatphone mahal ini. Apakah ada perbedaan desain dari satu seri ke seri lainnya? Apakah desainnya cukup menarik?
Android : Desainnya cantik. Bandingkan aja…
10. Software
Blackberry : Sinkronisasi data hanya bisa dilakukan dengan melakukan instalasi program di komputer yang dituju.
Android : Kemampuan untuk melakukan multi-task adalah kelebihan gadget ini. Fitur ActiveSync memungkinkan pengguna me-sinkronkan semua data di gadget ke computer anda tanpa perlu melakukan instalasi program.

Secara umum bisa dikatakan bahwasanya Android sangat cocok jika anda bawa di sekitaran kota di mana anda berdomisili, tetapi untuk yang sering travelling ke luar kota BB memang masih unggul untuk alasan battery.

Dan berikut ini survey apple iPhone yang berhasil kami kutib :
Menurut survei internal Apple itu, konsumen memilih membeli smartphone Android ketimbang iPhone bukan didasari dari kemampuan Android itu sendiri. Sebab, 48% koresponden memilih Android karena lebih ingin bertahan dengan operatornya saat ini, yang memberlakukan sistem kontrak.

Sementara itu, 36% itu di antaranya memilih smartphone Android karena nama besar Google. Sedangkan 27% lainnya menyatakan mereka tertarik dengan Android Market -- yang saat ini berubah menjadi Google Play.

Note:
Artikel ini jauh dari sempurna.....kami akan memperbaiki secepatnya.
Judul: Android, iPhone, Nokia, Vs Balckberry, Pilih Mana?; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.