Info Call Center BNP2TKI

Call Center BNP2TKI
Tenaga Kerja Indonesia dengan nomor telepon “Halo TKI” 0800 1000 merupakan pusat pelayanan pengaduan TKI yang didirikan (BNP2TKI dan diresmikan pendiriannya pada 27 Juni 2011. Call Center TKI ini disebut pula dengan “Call Center BNP2TKI”.
Telepon “Halo TKI”: 0800 1000,
Faksimili: (021) 29244810,
Telepon dari luar negeri: +6221 29244800,
Email: halotki@bnp2tki.go.id ,
Surat-menyurat: Call Center BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
Apakah Call Center BNP2TKI ?
Tenaga Kerja Indonesia dengan nomor telepon “Halo TKI” 0800 1000 merupakan pusat pelayanan pengaduan TKI yang didirikan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan diresmikan pendiriannya pada 27 Juni 2011. Call Center TKI ini disebut pula dengan “Call Center BNP2TKI”.
Sebelum berbentuk Call Center, di BNP2TKI sejak November 2008 telah ada unit “Crisis Center” dengan tugas pokok melayani pengaduan langsung bagi TKI dan keluarganya dalam kaitan permasalahan yang dialami TKI. Saat ini pelayanan pengaduan TKI melalui “Crisis Center” dilaksanakan oleh unit Pelayanan Pengaduan TKI atau Call Center BNP2TKI.
Di mana Call Center BNP2TKI beralamat?
Call Center TKI/Call Center BNP2TKI beralamat di area Gedung BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52 Pancoran, Jakarta 12095, Telp/Faksimili (021) 79188924, 29244810.
Untuk apa Call Center BNP2TKI didirikan?
Call Center BNP2TKI berfungsi untuk melayani berbagai pengaduan permasalahan/kasus calon TKI, TKI, maupun keluarga TKI baik yang terjadi di dalam negeri ataupun di luar negeri melalui akses nomor telepon 0800 1000 dari seluruh Indonesia. Selain menerima pengaduan lewat telepon 0800 1000, Call Center BNP2TKI juga melayani pengaduan langsung (tatap muka) di kantor Call Center BNP2TKI, surat-menyurat (korespondensi ke alamat Call Center BNP2TKI), surat elektronik (email: halotki@bnp2tki.go.id), faksimili (021) 29244810, serta layanan pesan singkat atau SMS (Short Message Service) yang dapat dikirim ke nomor 7266 (dari seluruh operator telepon bergerak/seluler/mobile phone).
Apakah pengaduan ke Call Center BNP2TKI melalui nomor telepon Halo TKI 0800 1000 dan SMS ke 7266 bersifat bebas pulsa alias gratis?
Mulai 1 Juli 2011 semua pengaduan ke Call Center BNP2TKI utamanya ke nomor Halo TKI 0800 1000 atau melalui SMS ke nomor 7266 menggunakan layanan (proviver) telepon apa pun (baik dari telepon rumah ataupun jenis telepon bergerak) tidak dikenakan biaya alias “gratis” (bebas pulsa). Semua beban biaya pengaduan telepon/SMS ditanggung oleh anggaran negara yang ada di BNP2TKI. Namun demikian, pengaduan telepon/SMS ke Call Center BNP2TKI sebelum tanggal 1 Juli 2011 belum semuanya bebas pulsa dan hanya yang berasal dari provider grup telkom saja yang dibebaskan biayanya. Hal ini terkait proses penyelesaian kerjasama administrasi yang baru dapat dituntaskan pada 1 Juli 2011 antara BNP2TKI dengan penyedia jasa layanan telepon.
Apakah pengaduan yang berasal dari luar negeri dapat diterima oleh Call Center BNP2TKI?
Pengaduan permasalahan/kasus TKI yang disampaikan dari luar negeri tentu saja dapat melalui email ke halotki@bnp2tki.go.id atau dalam bentuk faksimili guna alasan kepraktisan. Akan tetapi jika melalui telepon dari luar negeri maka harus menggunakan akses telepon Call Center BNP2TKI yang lain yaitu +6221 29244800 dan untuk sementara ini tidak bersifat bebas pulsa.
Apakah semua jenis pengaduan permasalahan calon TKI, TKI, dan keluarganya dapat dapat dilayani oleh Call Center BNP2TKI?
Ya, semua permasalahan dan kasus-kasus yang melibatkan TKI di tempat mana pun.
Siapa saja yang boleh mengadukannya?
Siapa pun dan dari mana pun boleh mengadukan ke Call Center BNP2TKI, baik sebagai calon TKI, TKI atau keluarga TKI, termasuk kalangan masyarakat luas lainnya.
Apakah pengaduan ke Call Center BNP2TKI akan dilayani setiap waktu?
Call Center BNP2TKI melayani setiap pengaduan selama 24 jam penuh untuk tujuh hari dalam seminggu.
Jenis layanan apa saja yang diberikan Call Center BNP2TKI?
Secara garis besar pelayanan Call Center BNP2TKI meliputi; (1) penyediaan informasi informasi; (2) pendampingan permasalahan TKI yang terdiri advokasi kasus dan hukum serta penyelenggaraan mediasi/perselisihan; (3) penyelesaian kasus/masalah.
Siapa yang bertugas melayani pengaduan di Call Center BNP2TKI?
Para petugas operator yang jumlahnya 30 orang secara bergiliran (dalam tiga shift) akan melayani berbagai pengaduan yang disampaikan ke Call Center BNP2TKI melalui nomor telepon Halo TKI 0800 1000. Para petugas operator tersebut telah dilatih secara cukup untuk selalu siap dan tanggap dalam menerima pengaduan atau telepon. Untuk pengaduan langsung (tatap muka) akan dilayani para petugas kantor Call Center BNP2TKI yang ada di front office, sedangkan pengaduan dengan surat-menyurat, SMS, serta faksimili akan ditangani oleh staf tertentu.
Setelah permasalahan dan kasus-kasus TKI disampaikan ke Call Center BNP2TKI, bagaimana tindaklanjut penyelesaiannya?
Permasalahan dan kasus-kasus TKI yang diterima petugas Call Center BNP2TKI terlebih dahulu didata ke dalam sistem komputer berjaringan (online), selanjutnya dilakukan diklarifikasi dan validasi yang terkait dokumen pengaduan oleh staff Call Center BNP2TKI, sebelum diambil langkah-langkah penanganannya.
Pada tahap berikut, data pengaduan serta hasil klarifikasi/validasi yang diproses secara online di Call Center BNP2TKI akan menjadi bahan tindaklanjut penyelesaian masalah atau berupa penuntasan kasus oleh aparat BNP2TKI maupun BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga kerja Indonesia—unit teknis BNP2TKI yang ada di daerah, sesuai kewenangan dan lingkup tugasnya masing-masing.
Apakah BNP2TKI melibatkan pihak lain dalam penyelesaian masalah TKI yang diadukan ke Call Center TKI 500889 itu?
Tentu saja pihak-pihak yang terkait sebagai pemangku kepentingan (stakeholder) TKI mulai pemerintah pusat, daerah, perwakilan RI di luar negeri, dan unsur swasta yaitu Pelaksana penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) serta perusahaan asuransi TKI akan dilibatkan, sehingga tercapai penyelesaian maksimal sebagaimana diharapkan oleh TKI dan keluarganya.
Apakah diperlukan persyaratan dokumen tertentu untuk mengadukan kasus TKI ke Call Center BNP2TKI?
Untuk tindak lanjut setiap pengaduan yang disampaikan memang akan diperlukan persyaratan dokumen terkait data diri calon TKI, TKI, keluarga TKI, dan berbagai syarat pendukung lainnya agar proses penanganannya menjadi lancar sekaligus terselesaikan.
Apakah pengaduan permasalah/kasus TKI maupun hasil penananganannya akan disampaikan kepada pihak yang mengadukan?
Ya. Setiap pengaduan ak
Judul: Info Call Center BNP2TKI; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ASSALAMU’ALAIKUM Permisi Kepada Admin Dan Teman Yang On’line di Blog ini Sedikit Saya Ingin Berbagi Cerita Tentang Kisah Sukses Saya Jadi TKI Kontrak di Jepang berkat bantuan bpk drs HERMONO beliau selaku sekertaris utama di kantor BNP2TKI pusat no hp dinas beliau 0852-1391-3921. Perkenalkan Nama Saya ridwan topik Budiman Asal Dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2015 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah sekertaris utama di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS HERMONO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk Hermono di Nomor 0852-13913921, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau'pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.000.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk SEKERTARIS UTAMA BNP2TKI, BPK DRS HERMONO. Ini No TLP/HP Beliau: 0852-1391-3921 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

    BalasHapus

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.