Terbaru

Cara Bikin Kolam Belut


Kolam yang kami buat berukuran panjang 5 meter dengan ketinggian 1 meter, sedangkan lebar dari kolam tersebut 80 cm. Kolam dibuat dengan menggunakan terpal seperti yang terdapat pada gambar, kami membeli ukuran lebar 4 meter dn panjan9 8 meter dengan harga jual 8000 per meter, Untuk pembuatan seperti gambar tersebut dibutuhkan bambu sebanyak 3 buah dan balok kayu sebagai tiang penyanggah, jika menggunakan bambu sebagai balok penyanggah kekuatanya kurang dapat dihandalkan. kami diuntungkan dengan sisi yang menghadap ketembok sehingga beban menjadi sedikit berkurang, bayankan saja jika tidak ada tembok maka kebutuhan akan bambu pasti akan bertambah sekitar 2 batang lagi. Pembuatan dilakukan pada mingu pertama Januari, ini merupakan proyek pertama kami dalam upaya menciptakan lapangan kerja bagi diri kami sendiri mengingat adanya krisis Global sehingga kontinuitas kami dalam bekerja sehari-hari pun menjadi berkuarang.
Pada pekan selanjutnya kami menyiapkan jerami sebagai bahan atau media untuk kolam tersebut, kebetulan didekat daerah kami masih banyak lahan sawah ya walaupun tidak cukup banyak seperti dipedesaan, Kami menyiapkan 8 karung ukuran besar jerami dan kami cacah supaya menjadi lebih kecil sehingga belut tidak terjebak di antara jerami yg akan menyebabkan kematian. Jerami yg telah dicacah tersebut lalu didiamkan selama satu minggu dengan maksud untuk dijemur supaya kering akan tetapi karena kondisi cuaca kurang bersahabat sehingga menyulitkan kami dalam proses pengeringan tersebut. Pada pekan selanjutnya kami menyiapkan gedebog pisang yang dicacah juga seperti jerami jumlahnya tidak sebanyak jerami, sekitar satu karung ukuran besar saja.
Pada tahap selanjutnya kami memulai mencampur media-media yang telah kami siapkan, pada bagian pertama kami letakkan jerami pada bagian kedua gedebog pisang selanjutnya pupuk kandang sejumlah 1 karung. Setelah semua rata lalu kami menyiapkan Mikroorganisme Stater yg dapat kami beli di Toko Pertanian dengan harga 20.000 seliter, Mikroorganisme stater sebanyak 0.3 liter dicampur dengan seember besar air mungkin sekitar 20 liter, campuran tersebut lalu dituangkan secara merata keatas media dan kemudian didiamkan.
Pada tahap selanjutnya kami menyiapkan lumpur dari tanah persawahan untuk diletakkan diatas media yg disebutkan diatas. Lumpur diisikan kedalam kolam sampai mencapai ketinggian kurang lebih 70 cm dari total keselurahan kolam tersebut, selanjutnya diisikan air setinggi 10 cm dan diletakkan ecenggondog.
Semua itu kami sipakan dalam waktu satu bulan ditengah-tengah kesibukan kami dalam bekerja. pada pekan selanjutnya pada tanggal 8 Februari 2009 kami akan melakukan studi banding ke daerah kuningan Jawa barat untuk mendapatkan bibit sekaligus tata cara pembesaran belut tersebut sehingga dapt menambah ilmu dari peternak yg telah lebih dahulu eksis untuk mengurangi resiko kematian dan kegagalan dalam beternak belut tersebut.
Salam Merdeka.........
Judul: Cara Bikin Kolam Belut; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.