Cara Aktifkan GPS Modem Sierra 885

Sebelumnya saya sudah berhasil mengaktifkan fungsi GPS pada modem Sierra Aircard 881. Setelah pakai pakai Sierra Compass 885, semula saya mengira modem ini tidak support GPS. Apalagi di forum-forum dibahas modem ini tidak memiliki fungsi GPS, walaupun ada juga yang bilang bisa.
Daripada penasaran, dengan bermodalkan pengalaman mengaktifkan GPS Aircard 881 saya mencoba googling mencari informasi lanjut, dan akhirnya berhasil memfungsikan GPS si cantik Compass 885 ini. Yang perlu diketahui setelah anda memfungsikan GPS, maka driver bawaan di dalam modem tidak akan digunakan lagi. Jadi apabila anda senang berganti komputer/memindah-mindah modem tapi malas membawa driver lain, maka urungkan niat memfungsikan GPS. Sebagai penggantinya anda sebaiknya menggunakan driver Sierra Wireless Watcher terbaru.
http://www.sierrawireless.com/en/sitecore/content/Sierra%20Wireless/Support/Downloads/AirCard/USB_Modems/~/media/Support_Downloads/AirCard/software/watcher/Build2523/3G_Watcher_Generic_2523.ashx

Dalam melakukan patching yang diperlukan adalah keberanian, pelajari langkah-langkahnya dengan seksama dan yakinkan bahwa file yang diperlukan sudah benar. Setelah itu lakukan patching dengan langkah-langkah sbb:

1. Download firmware http://www.sierrawireless.com/resources/software/88x/AC881U_F1_2_3_15ap.exe
Sebetulnya ini adalah firmware untuk Sierra 881, tapi kita hanya membutuhkan satu file didalamnya untuk mempatch 885 supaya GPS enable. Setelah download ekstrak firmware tsb. menggunakan winrar, maka kita akan menemukan file “Enable_GPS_CAT5”

2. Tancapkan modem Compass 885 pada slot USB dan matikan Sierra Wireless Watcher. Kemudian jalankan/klik file “Enable_GPS_CAT5”
Klik Continue, apabila muncul pesan device tidak sesuai abaikan saja. Biarkan proses ini sampai selesai.

3. Selamat..anda telah berhasil melakukan patching dan mengaktifkan fungsi GPS.. !!

4. Restart dan biarkan proses komputer menemukan device baru. Proses ini akan berjalan beberapa menit ditandai dengan LED biru di modem yang menyala sebentar dan mati berulang-ulang, biarkan saja. Setelah komputer mengenali semua device LED akan menyala warna biru.



5. Buka device manager pada bagian Ports (COM & LPT) anda akan menemukan “Sierra Wireless NMEA Port” itu artinya GPS telah dikenali.










6. Masuk ke Sierra Wireless Watcher akan muncul tombol/icon pilihan bergambar satelit. Klik tombol satelit untuk membuka GPS monitor.












7. Akan muncul Sierra Wireless GPS Monitor. Tempatkan modem di posisi yang agak terbuka agar dapat menerima sinyal satelit. Saya menggunakan kabel USB 2 meter untuk menempatkan modem pada kaca jendela nako depan rumah.


8. Klik tombol tanda panah untuk start tracking, GPS monitor akan mulai mencari sinyal satelit. Tracking satelit memerlukan waktu beberapa menit, bila cuaca bagus akan mudah menerima sinyal hingga 8 satelit dan langsung lock. Dan inilah hasilnya….

Tekan tombol Map untuk melihat posisi pada Google Map.
Selamat mencoba...
Judul: Cara Aktifkan GPS Modem Sierra 885; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.