Menggunakan Google Trends dan Google Insight

Kedua layanan tersebut bukanlah layanan baru dari Google. Namun, diantara pengguna internet ada yang belum mengetahuinya. Kata-kata yang sering diketik melalui mesin pencari Google tersimpan didalam database dan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik. Nah, Google trends dan Google insight menginformasikan statistik keyword tersebut.
Google trends, akan menginformasikan keyword mana yang sering muncul pada suata negara bahkan bisa detail sampai wilayah propinsi pada periode waktu tertentu.
Berikut saya mencoba membandingkan kata-kata : joomla, wordpress, drupal, mambo, moodle. Saya akan membandingkan kelima keyword tersebut.
google-trends
Terlihat joomla masih unggul dibanding dengan yang lain. Namun wordpress terus naik statistiknya, bisa jadi nanti kan mengalahkan keyword joomla.
Dari mana saja keyword tersebut palin banyak muncul bisa juga dilihat seperti gambar berikut :
google-trens1
Sangat menarik. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk menilai popularitas sebuah produk atau bisa digunakan sebagai alat bantu menulis apa yang banyak dicari oleh pengguna internet.
Layanan lain dari Google yang serupa dengan Google trends adalah Google Insights for search. Untuk menggunakannya kita harus login dulu ke account Google. Hasil perbandingan keyword yang sering dicari akan ditampilkan dalam bentuk grafik dan peta sesuai dengan opsi yang kita pilih. Sama seperti diatas, saya membandingkan kelima cms : joomla, wordpress, mambo, drupal, moodle. Hasilnya bisa terlihat seperti berikut :
google-insight
google-insight1
google-insight2
Judul: Menggunakan Google Trends dan Google Insight; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.