Cara Mengatasi RAMBUT KUSUT

Rambut kusut, tentunya bisa merusak penampilan. Yang jadi masalah, seringkali meski sudah menata rambut sendiri selama berjam-jam, tapi pada tengah hari rambut mulai terlihat berantakan karena kusut. Apa yang salah?

Sebelum mencari tahu cara mengatasi rambut kusut, ada baiknya Anda ketahui dulu penyebabnya. "Rambut kusut terjadi ketika kutikula rambut terbuka, kelembaban keluar dan rambut menjadi mengembang," kata penata rambut asal Australia, Sarah Potempo seperti dikutip dari Real Beauty.

Rambut kusut dipicu karena rambut ditata ke arah yang tidak alami, cuaca, kurangnya perawatan, atau bahkan karena terlalu sering menggosoknya dengan handuk. Banyak hal yang membuat rambut terlihat kusut dan sulit ditata.

Jika sudah mengetahui pemicu rambut kusut, ada beberapa cara agar rambut mudah diatur. Antara lain, bila Anda memiliki rambut keriting, sebaiknya tarik rambut membentuk kuncir kuda dengan ikatan di atas kepala dan biarkan kering alami.

Cara ini akan membuat rambut menjadi tidak mudah kusut. Pastikan juga rambut tidak dalam keadaan kering. Anda bisa menggunakan pelembab rambut yang yang tidak perlu dibilas saat keluar ruangan.

Kurangi juga penggunaan alat penata rambut bersuhu tinggi, karena menghilangkan kelembaban rambut. Jangan gunakan alat pencatok atau hair dyer setiap hari. Beri jarak sekitar dua hari sekali. Jika melakukan blow drying, fokuslah pada batang rambut bagian bawah bukan ujungnya.

Bagi yang memiliki rambut keriting, gunakan gel untuk menata bagian yang keriting. Hal ini akan membantu semua rambut tertata dan tidak kusut. Pastikan juga rambut terhidrasi dengan baik dan tidak kering.

"Perawatan deep-conditioning secara teratur adalah hal paling mendasar untuk penataan rambut ikal," kata Ouidad, penata rambut khusus rambut keriting.
Judul: Cara Mengatasi RAMBUT KUSUT; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.