Fitur Spesifikasi & Harga Nokia Lumia 710 dan Lumia 800

Indonesia Metal Forum | Fitur Spesifikasi & Harga Nokia Lumia 710 dan Lumia 800 | Pada minggu lalu CBN sudah membahas Lumia 710, yang merupakan smartphone Nokia berbasiskan Windows Phone Mango kategori entry-level. Dan kali ini, kami akan membahas 'saudara tua' dari smartphone tersebut yang masuk dalam kategori high-end, Lumia 800. Kedua perangkat yang berbasiskan Windows Phone Mango itu diharapkan mampu meningkatkan pangsa pasar Nokia di pasaran ponsel pintar, yang terus mengalami penurunan.

Nokia Lumia 800 adalah smartphone pertama yang dihasilkan dari kerjasama antara Nokia dengan Microsoft. Mengusung sistem operasi Windows Phone seri Mango. Nokia Lumia 800 sendiri merupakan ponsel pintar high-end yang diharapkan mampu mengembalikan pamor kedua perusahaan. Dan sesuai dengan arti 'Lumia' yang berarti 'asa' atau 'harapan', Nokia dan Microsoft berharap Lumia 800 ini menjadi tonggak untuk bisa merajai pasar ponsel pintar dunia, minimal bisa bersaing dengan para kompetitor.

Perangkat ini mengusung berbagai fitur-fitur kelas atas karena memang target Nokia Lumia 800 adalah kelas menengah atas yang membutuhkan smarpthone dengan kinerja yang mumpuni, cepat, dan mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para penggunanya. Secara desain, Lumia 800 hadir dengan desain candybar yang terlihat elegan, eye-catching, dan kompak. Ditambah lagi dengan Bobotnya yang cukup ringan dan ramping dengan material bahan polycarbonate, memberikan nilai lebih dalam kenyamanan pada saat digenggam di tangan.

Akan tetapi, untuk sebuah ponsel pintar high-end, entah mengapa Nokia hanya menyematkan layar sentuh berukuran 3,7 inci. Yang menarik, penggunaan teknologi AMOLED pada layarnya yang 'kecil' itu mampu menutupi kekurangan ukuran layarnya. Sudah pasti penggunaan teknologi menghasilkan tampilan yang tajam, jernih, dan terang dalam situasi dan kondisi apapun. Ditambah lagi dengan disematkannya teknologi ClearBlack display, yang mampu menambah bobot hasil tampilan Lumia 800.

Sedangkan untuk urusan multimedia, terutama dari segi kamera, Lumia 800 cukup bisa diandalkan, karena Nokia membenamkan kamera berkapasitas 8 MP dengan resolusi tampil 3264×2448 piksel yang diperkuat oleh fitur-fitur, antara lain auto fokus dan dual LED-flash, serta merekam videoHD 720p. Yang menarik, kamera ini telah dilengkapi dengan lensa Carl Zeiss, pastinya tidak perlu diragukan lagi hasilnya. Selain itu, untuk urusan audio, Lumia 800 juga masuk dalam kategori bagus, karena keberadaan teknologi Zune secara on board.

Sementara untuk chipsetnya, sesuai dengan standarisasi yang diterapkan Microsoft bagi perangkat berbasiskan Mango (bisa jadi ini kekurangan dari WP dibandingkan dengan para pesaingnya), Lumia 800 menggunakan prosesor single-core Snapdragon MSM8255 dari Qualcomm bertenaga 1.4GHz yang didukung oleh RAM 512MB dan memori internal 16GB tanpa slot microSD tambahan. Namun, pengguna bisa memanfaatkan fasilitas penyimpanan secara cloud via Microsoft SkyDrive sebesar 250GB secara gratis.

Dukungan koneksi lokalnya termasuk kategori lengkap. Lumia 800 yang berjalan diatas jaringan GSM ini didukung secara penuh oleh WiFi, DLNA, Bluetooth, jaringan berkecepatan tinggi (HSPA), port microUSB, dan audiojack 3.5mm. Salah satu yang mengecewakan, kemungkinan adalah tidak adanya dukungan pada transfer file antar smartphone dan PC. Bila pengguna ingin melakukan tranfer, pengguna terlebih dahulu menginstal aplikasi Zune di komputer dan tidak adanya mode penyimpanan masal (Mass storage mode).

Sama dengan Lumia 710, perangkat ini dipenuhi berbagai fitur dan aplikasi, baik itu dari Nokia sendiri maupun dari sang pembuat platform, Microsoft. Satu hal yang menarik, mungkin adalah penyimpanan secara cloud menggunakan Microsoft SkyDrive yang memberikan fasilitas penyimpanan secara gratis sebesar 250GB. Namun, permasalahan yang mungkin didapatkan adalah tidak adanya dukungan flash pada browser.

Untuk daya, Nokia membenamkan Lumia 800 dengan baterai berkapasitas 1450mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hingga 256 jam pada mode standby dan 13 jam untuk digunakan secara terus menerus untuk bicara (talktime). Nokia sendiri membanderolnya dengan harga 420 Euro atau sekitar Rp 5,1 juta.

Kesimpulannya, Nokia Lumia 800 tampaknya memang didesain bukan hanya untuk kegiatan komputasi semata, namun cenderung ke kegiatan multimedia. Untuk yang satu ini, terutama kamera yang digunakan, cukup bisa diandalkan, meski tidak terlalu istimewa. Layar tampilnya sangat jernih dan tajam dalam situasi dan kondisi apapun. Yang menjadi kekurangan dari layarnya adalah ukurannya yang cukup kecil untuk smartphone high-end.

Sementara dari prosesor yang digunakan, Lumia 800 jelas kalah jauh dibandingkan dengan smartphone Android berharga sama namun memiliki prosesor jauh lebih tinggi. Dari sini, bisa dipastikan secara kinerja, Lumia 800 masuk dalam kategori standar. Ditambah lagi, harga yang dibanderol Nokia pada Lumia 800 cukup mahal, sementara dengan harga segitu, pengguna bisa mendapatkan smartphone yang cukup mumpuni dan cepat, baik itu multimedia maupun kinerja.

Akan tetapi, bagi Anda yang kesengsem dengan fitur dan aplikasi Nokia maupun Microsoft, Lumia 800 bisa menjadi pilihan. Berbagai fitur dan aplikasi terbaru dari kedua vendor tersebut, bisa Anda temukan. Selain itu, bila yang ada tidak mencukupi, Anda bisa mencari dan mendownload-nya di MarketPlace, dari mulai yang gratis sampai dengan berbayar. Tapi, balik lagi, layakkah Lumia 800 dihargai segitu.


Spesifikasi Nokia Lumia :

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100;
Dimensi: 116.5 x 61.2 x 12.1 mm;
Bobot: 142 gram;
Layar: 3.7 inci (480 x 800 piksel) AMOLED Capacitive Touchscreen, Nokia ClearBlack Display, Corning Gorilla Glass, Anti-glare polariser, Light sensor, Multi-touch input method, Accelerometer, Proximity sensor for auto turn-off;
Prosesor: Single-core 1.4GHz + Adreno 205 GPU;
OS: Windows Phone Mango;
Kamera: 8MP (3264×2448 piksel) with CarlZeiss Lens, Autofocus, Dual LED Flash, Geo-tagging, Face Detection, Video Recording 720p@30fps;
Memori: RAM 512MB, 16GB (Internal);
Konektivitas: GPRS, EDGE, WiFI, Bluetooth, port microUSB v2.0, HSDPA (14.4mbps), HSUPA (5.76mbps), dan Audiojack 3.5mm;
Fitur Lain: People Hub, Xbox Live, Zune, Nokia Maps, Nokia Music, Nokia Mix Radio, Nokia Drive appsA-GPS, Digital compass, Multimedia Player App, Organizer, Image/video editor, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Active noise cancellation with dedicated mic, Calendar, Voice memo/dial/commands, Predictive text input, Browser HTML, Radio FM with RDS, Swype text input, SNS Integration, Photo viewer/editor;
Baterai: Li-Ion 1450mAh.

Video Introducing  Nokia Lumia 710 dan Lumia 800:

Gambar Nokia Lumia 710 dan Lumia 800 :
Fitur Spesifikasi & Harga Nokia Lumia 710 dan Lumia 800

Fitur Spesifikasi & Harga Nokia Lumia 710 dan Lumia 800

Fitur Spesifikasi & Harga Nokia Lumia 710
Judul: Fitur Spesifikasi & Harga Nokia Lumia 710 dan Lumia 800; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.