OLAHAN Tanaman LIDAH BUAYA

Berbagai macam produk olahan dapat dibuat dari daun lidah buaya dengan berbagai macam cara pengolahan. Berikut ini adalah cara pengolahan daun lidah buaya menjadi minuman segar.

Pelepah hasil panen disortir kemudian dibersihkan dari kotoran dengan cara dilap dengan kain kering. Setelah itu daun lidah buaya dikupas kulitnya, hati-hati jangan sampai kulit yang berwarna hijau tertinggal tidak terkupas. Kemudian dibuat potongan menyerupai dadu dengan panjang sisi-sisinya 2 cm. Potongan lidah buaya tersebut kemudian diberi garam dan diaduk sampai lendirnya keluar. Bersihkan lendir yang keluar dengan cara mencucinya dengan air bersih, lakukan pencucian 2 – 3 kali. Setelah lidah buaya bersih, kemudian dilakukan perebusan pada air 80 derajat C selama 10 menit, kemudian tiriskan.





Pembuatan sirup dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain, sirup dibuat dengan merebus air bersih sampai mendidih, setelah mendidih kemudian dinginkan. Setelah air dingin tambahkan gula pasir sebanyak 700 gram per liter air, asam sitrat 0,5 gram per liter air(sesuaikan dengan selera) dan tambahkan aroma rasa secukupnya (untuk aroma bisa mengunakan daun pandan). Campurkan potongan daun lidah buaya tadi ke dalam sirup kemudian tambahkan es batu secukupnya dan minuman siap disantap, rasanya enak dan segar.Untuk keperluan penyimpanan, minuman ini dapat dikemas dalam kantong plastik atau gelas plastik.

Di samping jadi miniman segar, daun lidah buaya juga dapat diolah menjadi cendol, kolak, selai, jeli, dodol, serbat, dan teh lidah buaya.
SELAMAT MENCOBA
Judul: OLAHAN Tanaman LIDAH BUAYA; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.