Kopi Luwak Puslit Lampung Barat

Pusat Penelitian Kopi dan kakao Indonesia Jember tidak akan memproduksi kopi luwak lebih banyak lagi sebab tugasnya hanya bertindak sebagai penyelaras harga diantara kopi luwak dalam negeri.


Harga kopi luwak produksi Puslit Kopi dan Kakao Indonesia hanya dipatok kisaran harga 120 dolar AS per-kg, harapannya supaya harga kopi luwak yang diproduksi industri kopi nasional kisarannya jangan terlalu jauh dari harga yang dipatok tersebut.

Ahli kopi pada Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Jember Dr Surip Mawardi kepada Kompas di Jember, Jawa Timur, Jumat (30/9/2011) mengatakan, produksi kopi luwak Puslit Kopi dan kakao Indonesia hanya sekitar 300 500 kg. Produksi kopi luwak kami sebagai parameter agar produksi lainnya jangan sampai dibeli jauh lebih rendah dari harga produksi kami, kata Surip Mawardi.

Produksi kopi luwak arabika yang diproduksi Puslit Kopi dan Kakao tidak hanya disediakan bagi pasar di dalam negeri saja, tetapi juga pasar luar negeri, meski produksinya sangat terbatas. Pasar dalam negeri umumnya disediakan bagi pasar ritel, tetapi tidak menuntutp kemungkinan permintaan perorangan juga dilayani tetapi tidak banyak.

Ada perorangan yang minta dilayani sampsiu dengan 10 20 kg, bahkan ada pula perorangan yang hanya ingin mencoba merasakan rasa kopi luwak produksi puslit kkopi dan kakao, dan hanya beli 250 kg. Untuk ukuran kecil ini dipersialakan supaya pesan dulu untuk menyesuaikan kemasannya.

"Kami juga menyediakan kopi luwak yang sudah disangar atau digoreng, baik dalam bentuyk biji atau bubuk tetapi harganya sebesar 150 dolar AS per-kg," kata Surip Mawardi.
Judul: Kopi Luwak Puslit Lampung Barat; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.