Bicara tentang Rokok Paru Paru dan Sesak Nafas

Merokok yang katanya dapat menghilangkan stres ternyata babyan mudorot nya di bandingkan manfaatnya.
ini saya sadari sejak saya merasakan sakit pada daerah dada saya ketika bernafas.
Saya sampai sekarang belum berani periksa kedokter Karena memang hal yang paling saya takuti adalah periksakan penyakit ke dokter.sesak nafas ini sudah 1 bulan lebih saya menderitanya,memang tidak terlalu parah tapi cukup menyiksa.
Rasa sakit ini sedikit bisa berkurang apabila saya meminum SODA+SUSU+ES, setelah meminum itu nafas saya kembali lega,, tapi ke esokan harinya pasti kambuh kembali.
Penyakit saya ini saya rasa akibat merokok + Ngopi + Kurangnya berolahraga/Jarang keluar keringat.
saya coba searching ke google tentang penyakit yang saya derita ini dan saya mendapatkan beberapa informasi tentang Paru - Paru dan penyakitnya yang di akibatkan oleh asap rokok.
Berikut kutipan artikelnya :

Bronkitis

    * Penyebab: Penyakit bronkitis karena peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa karena infeksi kuman, bakteri atau virus. Penyebab lainnya adalah asap rokok, debu, atau polutan udara.
    * Gejala: Batuk disertai demam atau dahak berwarna kuning bila disebabkan oleh infeksi kuman. Sedangkan bila bersifat kronik, batuk berdahak serta sesak napas selama beberapa bulan sampai beberapa tahun.
    * Pencegahan dan solusi: Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu pencegahan yang dapat dilakukan. Sedangkan untuk mencegah bronkitis kronik adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok juga menghindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif yang sangat berbahaya.
    * Pengobatan: Untuk pengobatan bila disebabkan oleh bakteri atau kuman dapat diatasi dengan meminum antibiotik sesuai anjuran dokter. Bila disebabkan oleh virus, biasanya digunakan obat-obatan untuk meringankan gejala.
Emfisema

    * Penyebab: Emfisema disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru. Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat karena karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap didalamnya. Asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini.
    * Gejala: Sesak napas dalam waktu lama dan tidak dapat disembuhkan dengan obat pelega yang biasa digunakan penderita sesak napas. Nafsu makan yang menurun dan berat badan yang menurun juga biasa dialami penderita emfisema.
    * Pencegahan dan solusi: Menghindari asap rokok adalah langkah terbaik untuk mencegah penyakit ini. Berhenti merokok juga sangat penting.


Kanker Paru-paru

    * Penyebab: Kanker telah menjadi penyakit yang mematikan, bahkan kanker paru-paru merupakan pembunuh pertama dibandingkan kanker lainnya. Sel tumor atau kanker yang tumbuh di paru-paru dialami oleh penderita kanker paru-paru. Kanker dapat tumbuh di jaringan ini dan dapat menyebar ke bagian lain.

      Penyebab utamanya adalah asap rokok yang mengandung banyak zat beracun dan dihisap masuk ke paru-paru dan telah terakumulasi selama puluhan tahun menyebabkan mutasi pada sel saluran napas dan menyebabkan terjadinya sel kanker.

      Penyebab lain adalah radiasi radio aktif, bahan kimia beracun, stres atau faktor keturunan.
    * Gejala: Batuk, sakit pada dada, sesak napas, batuk berdarah, mudah lelah dan berat badan menurun. Tetapi seperti pada jenis kanker lainnya, gejala umumnya baru terlihat apabila kanker ini sudah tumbuh besar atau telah menyebar.
    * Pencegahan dan solusi: Menghindari rokok dan asap rokok juga banyak mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung antioksidan untuk mencegah timbulnya sel kanker.

Mengerikan...........!!!!!!!!!!!
       Pengen banget rasanya ngilangin kebiasan merokok ini,Tapi merokok sudah menjadi kebutuhan pokok buat saya...menyesal sekali saya dulu bisa kenal dengan yang namanya rokok....asyyeeemmm gimana ya cara ngilangin kebiasan buruk yang sudah jadi kebutuhan primer ini ????
Buat sobat sobat yang belum pernah atau belum knalan sama yang namanya rokok, sebaiknya jangan pernah coba2 jangan pernah mau menghisapnya...tidak usah pedulikan setan setan yang ngatain kita katro/bencong/cemen/kacangan/atau sejenisnya.sayangi paru-paru kita sayangi kesehatan kita, lebih baik mencegah daripada mengobati. salam sehat selalu dari saya.. mohon doanya agar saya bisa sembuh dari penyakit ini bisa menghilangkan kebisaan merokok saya ini...amiiiiiiinnnnn.... ya alloh amiiin..
Judul: Bicara tentang Rokok Paru Paru dan Sesak Nafas; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.