Tips Buat yang mau beli Notebook



Berikut adalah tips-tips memilih notebook:

1. Prosesor. 
       Prosesor sebagai otak dari komputer yang menentukan kecepatan akses sebuah komputer merupakan faktor terpenting yang harus Anda lihat. Namun begitu, sebaiknya spesifikasi prosesor ada baiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau aplikasi yang akan Anda gunakan nantinya. Kinerja prosesor standar untuk saat ini adalah jenis Celeron atau Core Duo. Prosesor tipe ini sudah cukup memadai untuk penggunaan internet dan aplikasi office. Tetapi bila Anda menggunakan komputer untuk tujuan lebih tinggi seperti untuk mendesain grafis, mengedit video, dan game, pilihlah prosesor berkinerja tinggi seperti dari jenis Centrino, Core 2 Duo, atau keluaran Intel terbaru jenis Core I series seperti i7, i5, dan i3.
2. Memory.
     Memory atau RAM (random acces memory), semakin besar memorynya maka akan semakin cepat pula kinerja sebuah notebook. Untuk pemakaian standard, memory dengan kapasitas 1Gb sudah lebih dari cukup. Tetapi bila memungkinkan, gunakanlah kapasitas yang lebih besar, terutama untuk aktivitas mendesain, game, dan video editing.
3. Batteray.
      Satu kelebihan notebook dibanding PC desktop adalah dilengkapinya dengan tenaga batteray sebagai catu dayanya. Semakin tinggi daya tahan sebuah batteray notebook akan semakin baik. Secara umum daya tahan batteray notebook berkisar antara 2-3 jam. Jika Anda sering mobile dengan notebook Anda maka pilihan notebook dengan daya tahan batteray cukup lama akan sangat cocok buat Anda. Di pasaran ada notebook yang batteraynya bisa tahan sampai 8 jam. Contoh notebook seri Acer Timeline.
4. Display Layar.
     Terdapat dua pilihan layar notebook. Yaitu standard dan model wide screen (sudut lebar). Pilihan dengan wide screen kini lebih populer digunakan pada notebook. Untuk resolusi, format minimal yang digunakan umumnya adalah 1024x 768, khususnya untuk tampilan website.
5. Harddisk.
      Data jenis apa yang akan Anda buat dan simpan di notebook, akan menentukan kapasitas yang dibutuhkan. Jika hanya sekedar file dokumen kerja, harddisk dengan kapasitas 60-80Gb sudah cukup. Namun jika Anda gemar menyimpan file lagu MP3, video-vedeo Youtube, dan foto, carilah harddisk dengan kapasitas yang lebih besar lagi.
6. Optical Disk Drive.
     Drive Optical yang berfungsi sebagai media simpan alternatif juga perlu Anda pertimbangkan. Dengan pilihan CD/DVD writer, selain memudahkan Anda memutar cakram data, juga membantu Anda memperluas ruang harddisk dengan memindahkan atau membackup data lama ke dalam bentuk cakram CD/DVD.
7. Konektifitas.
     Ini hal penting juga yang mesti Anda cek. Adanya koneksi seperti port USB, Bluetooth, port LAN, dan WiFi akan sangat membantu pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat atau jaringan komputasi. Untuk kebutuhan mobile computing, WiFi tentu wajib ada karena memungkinkan anda mengakses internet di wilayah hotspot-hotspot yang sekarang banyak tersedia gratis di Mal, Café, atau area kampus Anda misalnya.
8. Operating System.
       Anda perlu menanyakan apakah pembelian notebook sudah include dengan operating systemnya apa belum karena penjualan notebook di pasaran ada yang tidak termasuk dengan operating systemnya alias dijual terpisah. Dan pilihan operating system apa yang sebaiknya digunakan tentu sangat relatif. Jika Anda butuh yang mudah dioperasikan dan yang paling umum digunakan, pakai OS Windows sudah cukup. Tetapi jika Anda butuh notebook yang handal OS-nya, bisa menjatuhkan pilihan pada notebook Mac atau pakai Linux yang terkenal lebih aman untuk berselancar di internet.

Kalau ada yang mau di tanyakan silahkan isi pada kolom komentar.
Judul: Tips Buat yang mau beli Notebook; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.