persneling berbunyi saat ngoper gigi dan mesin berisik

Pengguna mobil lawas sekitar tahun 1994 mungkin pernah mengalami beberapa problem. Misalnya, saat perpindahan perseneling dari 2 ke 3 selalu terdengar bunyi gesekan seperti piringan beradu. Selain itu saat menginjak pedal gas dengan kondisi mobil sedang berjalan selau terdengar bunyi seperti bunyi mobil diesel.

Hal ini kemungkinan besar gigi sinkromes 2 ke 3 di mobil sudah aus. Gigi sinkromes merupakan roda gigi kecil yang dibuat untuk menghaluskan dan mengurangi gesekan perpindahan gigi. Jika ini yang terjadi segera ganti dengan yang baru untuk menghilangkan suara aneh ini.

Sedangkan bunyi seperti mobil diesel bisa disebabkan oleh gejala detonasi alias ngelitik. Anda bisa mencoba untuk mengganti bahan bakar Premium dengan Pertamax atau Pertamax Plus. Bila problem ini hilang, untuk kembali menggunakan Premium anda harus menjalani beberapa proses. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah adalah men-tune up mesin agar setelan karburator dan waktu pengapiannya kembali seperti baru. Namun, jika masih ada juga bunyi tersebut, kemungkinan telah terjadi penumpukan kerak di piston sehingga mengakibatkan pembakaran terlalu cepat. Anda bisa minta ke bengkel untuk membuka kepala silinder untuk membersihkannya
Judul: persneling berbunyi saat ngoper gigi dan mesin berisik; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.