cara ganti antena mobil model tarik


Antena model tarik dinilai rawan patah akibat tersangkut benda keras yang posisinya dekat dengan atap mobil. Antena ini pada umumnya diaplikasi pada MPV. Kelalaian yang kerap dilakukan seperti tidak menurunkan kembali antena ke posisi terendah dinilai jadi penyebabnya.

Jika sudah patah memang harus diganti antena baru. Namun, anda tidak bisa mengganti batang antena model tarik ini secara terpisah dengan rumahnya, lantaran desainnya sudah dibikin paten.

Jika anda ingin menggantinya sendiri di rumah, lantaran pengerjaannya relatif mudah, ikuti langkah berikut:

1. Buka kedua baut pengikat pada rumah antena. Setelah housing-nya tercopot dari dudukan, jangan lupa mencabut kabel antena yang terhubung pada bodi belakang head unit (HU) mobil. Ikatkan tali pada ujung kabel antena yang sudah terlepas dari HU tadi, usahakan panjangnya enggak kurang dari 1,5 cm, lebih panjang lebih bagus. Hal ini untuk memudahkan saat pemasangan kembali kabel antena yang baru, karena harus dimasukkan melalui celah di dalam pilar A.

2. Setelah kabel dan selongsong batang antena berhasil ditarik seluruhnya, jangan keburu menarik tali yang terhubung pada ujung kabel antena. Sisakan beberapa cm supaya ujung tali yang tersisa di dalam kabin bisa tetap terjuntai. Ini untuk memudahkan menarik kabel yang baru melalui jalur yang sudah ada di dalam pilar A. Masukkan secara perlahan, selongsong yang berisi batang antena, berikut kabel ke dalam lubang dudukan rumah antena. Supaya kabel tidak tersangkut di dalam lekukan pilar A, barengi dengan menarik kabel melalui sisa tali yang masih tersisa di bawah dasbor.

3. Jika selongsong dan kabel antena sudah pada posisinya masing-masing, tancapkan kembali soket kabel pada konektor antena di bagian bodi belakang HU
Judul: cara ganti antena mobil model tarik; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

4 komentar:

  1. Thanks brow, very helpful. Tadinya saya bingung gmn caranya narik kabel yg lemes di pilar a yg sempit itu. Salam. Danang jkt.

    BalasHapus
  2. kalo bisa diperjelas dengan bambar om, emang antena innova nyambug ke belakang body mobil?, head unit sebelah mana?

    BalasHapus
  3. Kalo toyota etios gimana ya cara nyopot antenanya.. Antenanya patah

    BalasHapus
  4. Kalo toyota etios gimana ya cara nyopot antenanya.. Antenanya patah

    BalasHapus

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.