Terbaru

Arti kode pada Ban roda mobil

Kode produksi dicetak pada salah satu sisi ban dengan bentuk unik mirip peneng. Setiap pabrik ban memiliki jumlah digit tersendiri untuk kode tersebut, ada 5 digit, ada pula yang 7 digit. Tetapi 4 DIGIT dari belakang adalah standard international yang menunjukkan Minggu (Week) dan Tahun (Year), Untuk ban yng tertulis X1109 berarti ban tersebut dibuat pada Minggu ke-11, dan pada Tahun 2009 sedangkan jika tertulis 9AWM3109 artinya ban tersebut dibuat pada Minggu ke-31, Tahun 2009.
Apabila Anda membeli ban baru tetapi toko menyodorkan ban yang sudah kedaluarsa, anda berhak menolaknya. Sebab memakai ban yang sudah kadaluarsa akan sangat berbahaya, dan sebaiknya waktu pemakaian pun tidak lewat dari masa kadaluarsa tersebut. Idealnya pemakaian ban adalah 2 tahun.
Dimensi ban biasanya juga dinyatakan dalam bentuk : " 205 / 55 / ZR16", keterangan kode tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

* 205 : Lebar telapak ban (mm)
* 55 : Aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban
* Z : Kode limit kecepatan
* R16 : Diameter velg (inch)

Kode limit kecepatan :
* S 240km/jam.

Untuk ban mobil sejenis Jip biasanya dipakai kode Amerika, seperti : "33 x 12.5 R15", keterangan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

* 33 : Tinggi keseluruhan / diameter ban (inch)
* 12.5 : Lebar telapak ban (inch)
* R15 : Diameter velg (inch)
Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1
Judul: Arti kode pada Ban roda mobil; Ditulis oleh Hery IMG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Memberi Tanggapan Atau Komentar, Kometar Spam akan Kami Hapus.